total views

Wednesday, September 19, 2012

...TERMASUK PERKARA-PERKARA IMAN...



1. Cinta kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam

Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak beriman (sempurna) seseorang di anta

ra kamu sehingga aku lebih dicintainya dari pada ayahnya, anaknya, dan manusia sekalian." (Muttafaqun 'alaih).

2. Mencintai kaum anshar

Dari Anas radhiallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Tanda iman adalah mencintai kaum anshar dan tanda nifak adalah membenci kaum anshar." (Muttafaqun 'alaih).

3. Mencintai orang-orang yang beriman

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Kamu tidak bisa masuk surga sehingga kamu beriman, dan kamu tidak beriman sehingga kamu saling mencintai. Maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang apabila kamu lakukan niscaya kalian saling mencintai, tebarkanlah salam di antara kamu." (HR. Muslim).

4. Mencintai saudaranya sesama Islam

Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Tidak beriman (sempurna) seseorang diantara kalian sehingga dia mencintai saudaranya (atau tetangganya) apa yang dia cintai untuk dirinya." (Muttafaqun 'alaih).

5. Mencintai tetangga dan tamu, serta tidak bicara kecuali tentang yang baik:

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia memuliakan tamunya." (Muttafaqun 'Alaih).

6. Memerintahkan yang ma'ruf dan melarang yang mungkar:

Dari Abu Sa'id al-Khudri radhiallahu 'anhu, ia berkata, Saya mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa di antara kalian melihat yang mungkar (yang dilarang agama) hendaklah ia merubahnya dengan tangannya. Jika ia tidak mampu, maka (hendaklah dia merubahnya) dengan lisannya. Jika ia tidak mampu, maka hendaklah dia merubahnya dengan hatinya, dan itulah selemah-lemahnya iman." (HR. Muslim).

7. Nasehat:

Dari Tamim ad-Darimi radhiallahu 'anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Agama adalah nasehat." Kami bertanya, "Untuk siapa?" Beliau menjawab, "Untuk Allah, kitab-Nya, rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan umat Islam secara umum." (HR. Muslim).

(♥ Subhanallah || Semoga Bermanfaat & Silahkan Di Share ♥)

#BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI#
... Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa atuubu Ilaik ...

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management